Home Berita Pemkab Bojonegoro Mengadakan Festival Bengawan

Pemkab Bojonegoro Mengadakan Festival Bengawan

54
0
SHARE

Bojonegoro Permataly.com.

Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pariwisata mengadakan ‘Festival Bengawan’, diselenggarakan di Lapangan Sale Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu.

Demikian dikatakan Kasubbag Dokumentasi dan Liputan, Andri Firnandi, dalam rielesnya, Minggu 30/12/2018.

Kegiatan ini, kata Andri, sebagai bentuk kepedulian Pemkab terhadap Sungai Bengawan Solo dan kegiatan ini Finish di TBS, Bojonegoro kota.

Para peserta kegiatan terdiri dari 10 desa, 11 umum, 3 kapal VIP dan 43 pelukis yang nanti hasil lukisannya akan dilelang.

Selain itu, ada 23 sastrawan dan 25 pelajar yang akan membacakan puisi. Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan nantinya bisa mendatangkan wisatawan ke Bojonegoro.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur. Pasalnya, telah dilewati Sungai Bengawan Solo yang telah memberi banyak manfaat.

Maka dari itu, lanjut Anna, festival bengawan ini mengambil tema ‘Ruwat dan Rawat’, yang memiliki arti bahwa kita memiliki rasa syukur kepada sang pencipta atas anugerah yang diberikan.

Selain itu, kita juga harus merawat apa yang sudah diberikan sang pencipta.

“Kita jangan pernah merusak atau mencemari Sungai Bengawan Solo ini, karena nanti yang rugi juga kita sendiri.” Anna menambahkan.

Kita juga harus meniru apa yang dilakukan negara-negara diluar negeri, yang mana sungai disana baik besar dan kecil dapat dimanfaatkan.

“Lihat Thailand, yang bisa mengelola sungai sedemikian rupa, sehingga bisa dijadikan sarana transportasi dan juga sarana jual beli (pasar apung). Itu bisa menjadi objek wisata baru dan dapat menarik wisatawan.” pungkas Anna, (Hm/Ag/1).

LEAVE A REPLY