Home Berita Sekretaris Inspektorat: Jika Saya Cermati Ranahnya Pidana. Pasalnya, Ini Sudah Merugikan Negera

Sekretaris Inspektorat: Jika Saya Cermati Ranahnya Pidana. Pasalnya, Ini Sudah Merugikan Negera

250
0
SHARE

Bojonegoro Permataly.com.

kepala Desa Pragelan, Marji menyatakan bahwa Yanuari selaku Ketua Forum Anti Korupsi (FAK) desa setempat, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, telah menerima surat pemberitahuan dari Polres Bojonegoro dengan nomer: B/871/X/2018 Satreskrim.

Isi dari surat tersebut, kata Marji, sebagai berikut :
1. Laporan pengaduan saudara tanggal 6 April 2017 tentang dugaan korupsi berupa penyelewengan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2016.

2. Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, bersama ini kami beritahukan bahwa surat yang saudara kirimkan masih dilakukan penyelidikan dan masih kami tindak lanjuti dengan mengumpulkan bahan keterangan maupun dokumen serta koordinasi dengan APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) dalam rangka penilaian hasil kegiatan maupun pemeriksaan atas laporan keuangannya.

Namun, sampai saat ini kami masih menunggu keputusan hasil pemeriksaan dari APIP untuk dijadikan sebagai bukti permulaan adanya dugaan korupsi yang saudara adukan.

Sementara itu ditempat terpisah, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Bojonegoro, Nuriel mengatakan bahwa pihaknya (APIP) tidak mempunyai kewenangan penuh seperti instansi lain.

“Kita tidak mempunyai kewenangan seperti instansi kejaksaan, yang bisa memaksa seseorang untuk memenuhi kewajiban pemanggilan atas temuan kita.” jelas Nuriel.

“Hal-hal yang khusus dan mengarah ke ranah pidana, ya arahnya ke Polres sebagai APH (Aparat Penegak Hukum).” lanjut Nuriel.

“Jika saya cermati ranahnya pidana. Pasalnya, ini sudah merugikan negera.” tandas Nuriel, Senin 29/10/2018.

*Agus/1.

LEAVE A REPLY