Home Berita Wakil Bupati Bojonegoro Hadiri Acara Sedekah Bumi

Wakil Bupati Bojonegoro Hadiri Acara Sedekah Bumi

250
0
SHARE

Bojonegoro Permataly.com.

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto menyampaikan bahwa tradisi sedekah bumi harus dipertahankan sebagai budaya kearifan lokal yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan.

“Tradisi seperti ini tidak usah jadi perdebatan lagi.” ungkap dia, saat menghadiri acara sedekah bumi di pepunden Desa Turigede, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Minggu 7/10/2018.

Tradisi sedekah bumi tersebut dilaksanakan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan dilaksanakan setiap tahun pada bulan suro pada umumnya.

Pada tradisi kali ini ada yang unik, yakni tradisi Udek yaitu tradisi melemparkan uang recehan keatas dan jika nanti uang tersebut jatuh diatas tanah akan jadi rebutan orang banyak.

Sementara itu menurut Ki Cokro, sesepuh desa setempat mengatakan bahwa tradisi ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

“Hal ini merupakan bentuk rasa syukur warga desa kepada Tuhan Yang Maha Agung sebagai pencipta alam semesta dan bentuk interaksi sosial masyarakat setempat.” Kata Ki Cokro.

Setelah tardisi Udek, tambah Ki Cokro, nanti akan dilaksanakan makan bersama atau manganan yang makanannya juga jadi rebutan warga masyarakat.

*Hms/1.

LEAVE A REPLY