Home Berita Pasca Gempa Lombok Kementrian PUPR Tindaklanjuti Intruksi Presiden

Pasca Gempa Lombok Kementrian PUPR Tindaklanjuti Intruksi Presiden

28
0
SHARE

Nasional Permataly.com.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi agar penanganan tanggap darurat dapat dilaksanakan dengan baik dan proses pemulihan kehidupan masyarakat pasca gempa di Lombok bisa cepat dilakukan.

Perbaikan fasilitas umum seperti sekolah, Masjid, Pasar Tanjung dan RSUD Tanjung akan mulai dipersiapkan minggu ini. Perbaikan rumah dan fasilitas umum secara bertahap diharapkan dapat memulihkan kehidupan dan mengurangi trauma masyarakat di Pulau Lombok.

“Kami akan mulai perbaikannya minggu ini,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut serta dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke lokasi pengungsian di Kabupaten Lombok Utara kemarin.

Untuk perbaikan rumah, warga yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan berat, Pemerintah Pusat telah menganggarkan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk tiap kepala keluarga dan sudah disalurkan secara bertahap mulai Selasa, 14 Agustus 2018 sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.

Dalam pembangunan rumah kembali, Presiden Jokowi meminta warga untuk menggunakan teknologi rumah tahan gempa yakni RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat). Saat ini proses pendataaan rumah yang rusak ringan, sedang dan berat tengah dilakukan.

Menteri Basuki mengatakan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah akan dilakukan dengan sistem swakelola dengan konstruksi tahan gempa. “Masyarakat tidak hanya menonton, namun akan dilibatkan dalam proses rekonstruksi rumahnya. Tim Kementerian PUPR akan melakukan pendampingan teknisnya,” tegas Menteri Basuki.

Pelibatan masyarakat dalam rekonstruksi rumah pernah diterapkan Kementerian PUPR di Aceh dan Yogyakarta. Hal ini menjadi bagian dari mitigasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai cara membangun rumah tahan gempa.

*GAL/1.

LEAVE A REPLY